Selasa, 26 Januari 2010

Menghindari Virus Tanpa Antivirus di WindowsXP

Sampai hari ini, sudah banyak orang bertanya pada saya "antivirus apa ya yang bagus?". Bahkan baru kemarin ada orang yang mengajukan pertanyaan yang sama dan seperti biasa, mereka kebingungan dengan jawaban saya bahwa saya tidak menggunakan antivirus apapun! Ya, bagi banyak orang, antivirus adalah hal wajib yang perlu dimiliki oleh setiap komputer, terutama yang berbasis Windows. Tapi permasalahannya antivirus itu kan banyak yang gak gratis (walau banyak bajakannya :P), dan yang paling menyebalkan bagi saya, menggunakan antivirus itu akan memperlambat proses startup windows, apalagi untuk spek komputer rendah seperti yang saya punya.

Berikut ini adalah tips-tips yang saya miliki untuk menghindari virus masuk ke PC saya, dan udah 3 tahun PC saya baik-baik saja, mungkin ada yang mo nyoba:
  1. Selalu curiga pada file berekstensi .exe, bila ada file berekstensi .exe di flash disk yang kita miliki, sementara kita merasa gak pernah kenal dengan file tersebut, jangan pernah diklik dua kali, dan sebaiknya kita hapus dengan Shift+Delete
  2. Dari Windows Explorer buka Tools > Folder Options.. pilih tab View dan hapus centang pada "Hide extensions for known file types". Dengan demikian kita selalu bisa melihat ekstensi semua file yang kita miliki. Ini bermanfaat karena banyak virus menyembunyikan dirinya dalam bentuk folder (file .exe bergambar folder)
  3. Buka menu run dan ketikkan gpedit.msc, pilih User Configuration > Administrative Templates > System, klik dua kali pada fasilitas Turn off Autoplay dan pilih Enable. Ini adalah untuk mematikan fasilitas autorun agar virus tidak langsung bekerja ketika flash disk disambung ke PC

Dengan demikian setelah itu masuk atau tidaknya virus ke PC anda adalah bergantung pada tangan anda sendiri :D. Note: tips diatas tidak dapat diterapkan pada PC yang sudah terserang virus. Bila langkah ke 2 tidak dapat anda lakukan karena anda tidak menemukan menu Folder Option atau komputer anda merestart sendiri ketika membukanya, maka terimalah kenyataan bahwa komputer anda sudah terserang oleh virus.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar