Sabtu, 12 Agustus 2017

Membuat vektor map Indonesia menggunakan JQVMap

JQVMap adalah versi gratis dari tool pembuat vektor map JVectorMap. Apa itu vektor map?


Tentu saya akan kesulitan menjelaskan ini kalau kamu tidak punya basic IT, jadi mending saya skip aja dan kalau kamu masih penasaran, kamu bisa mulai tanya mbak google aja (iya saya katakan "mbak".. resepsionis tempat nanya diloby biasanya cewek kan? Dan melihat warna warni google, saya yakin itu cewek :P). Mulanya si pembuat melakukan fork langsung dari source jvectormap, tetapi ternyata kemudian ia memilih untuk membuat ulang semuanya sendiri karena arah pengembangan yang tidak sejalan. Yah, kalau memang sudah gak bisa seiring sejalan, tentu gak bisa dipaksakan, iya gak?

Sebagai tool gratisan, jqvmap ini menurut saya cukup mumpuni untuk membuat infografis menarik di web. Masalahnya, sampai kemarin belum ada yang membuat map Indonesia. Setelah banyak bertanya sama mbak google, akhirnya berhasil nemu cara membuat map nya. Untuk membuatnya, saya menggunakan aplikasi gambar vektor Inkscape (yang gratisan juga) kemudian menggunakan tool konverter yang tersedia di web. Dan barusan saja, si creator sudah menyetujui file yang saya ajukan dan source-nya kini sudah tersedia di repository aslinya dan contoh penggunaannya bisa dibaca di github.com/manifestinteractive/jqvmap.

Penampakan vektor map Indonesia nantinya kurang lebih akan seperti ini, yang saya buat per tahun 2017 dengan 34 provinsi



Selama license JQVMap masih MIT, maka source masih gratis untuk digunakan. Have fun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar